Selasa, 15 April 2008

Kecantikan Perempuan

Gw sebagai laki-laki cukup tertarik untuk membicarakan ini. Banyak banget perempuan cantik di sekitar gw. Dan mungkin tidak hanya gw yang mengatakan ini.
Cantik itu apa sih? Sudah lama gw ingin menjawab pertanyaan ini tapi, tetap saja tidak ketemu. Memang sih ini bukan pertanyaan yang eksak. Tidak seperti menjawab pertanyaan matematika yang jawabannya pasti dan abadi sepanjang masa, jawaban pertanyaan ini berbeda-beda bagi setiap orang dan dapat berubah seiring waktu.
Cantik menurut gw adalah suatu keindahan yang ada pada perempuan, secara fisik ataupun tidak. Gw tidak selalu melihat perempuan secara fisik, tapi juga yang lainnya. Kata orang itu namanya inner beauty. Tapi menurut gw tidak ada kecantikan abadi. Inner beauty pun dapat hilang.
Cantik secara fisik adalah yang bisa dilihat secara nyata. Pertama kali gw melihat perempuan, jujur aja, kecantikan jenis ini yang gw nilai. Jadi, first impression penting untuk sebuah hubungan. Dan cantik secara fisik juga berbeda definisinya bagi setiap orang. Ini masalah selera. Ada yang menganggap cantik secara fisik itu harus memiliki senyum yang manis, atau tubuh yang ideal, atau keduanya.
Cantik secara fisik menurut gw dibagi menjadi dua. Cantik fisik luar dan cantik fisik dalam.
Cantik fisik luar adalah keserasian dan keindahan yang terbentuk dari lapisan eksoderm tubuh manusia (kulit, rambut, kuku) dan bentuk tubuh. In adalah kecantikan paling nyata dari yang lainnya dan sering kali tercampur aduk dan dibanding-bandingkan dengan jenis kecantikan lain.
Cantik fisik dalam adalah yang menyangkut apa yang berada di dalam tubuh perempuan (genetik, hormon, dll). Gw sangat menghargai kecantikan fisik dalam dari pada luar karena hal ini yang menentukan kondisi bayi yang akan dilahirkan dan kesehatan perempuan itu sendiri. Ini adalah mekanisme evolusi, makhluk hidup cenderung mencari pasangan yang terbaik dalam hal genetik. Dan kecantikan jenis ini lebih esensial dari pada yang lain. Ada yang berpikir kecantikan jenis ini tak bisa dinikmati. Sebaiknya pikirkan itu sekali lagi.
Kedua jenis cantik fisik berkaitan satu sama lain, tapi yang lebih sering adalah bila cantik fisik dalam bagus, cantik fisik luar juga demikian. Tapi yang sebaliknya belum tentu. Cantik fisik luar bisa direkayasa dengan mudahnya, menyembunyikan apa yang sebenarnya ada di dalam. Gw kurang setuju tentang pengunaan kosmetik yang mempercantik tubuh secara jangka panjang karena sebenarnya hal itu bisa didapat dari dalam. Adanya hal ini malah membuat kaum perempuan enggan mempercantik tubuhnya dari dalam. Cantik luar bisa didapat dari dalam. Bukan tidak mungkin kulit halus didapat tanpa kosmetik. Sebenarnya kulit halus adalah “hadiah” dari dalam, dari hormon perempuan. Bila hormon perempuan dalam kondisi ideal, maka tampaklah semua keistimewaan khas perempuan. Dan untuk mendapatkan kondisi hormon seperti itu diperlukan masukan gizi yang berimbang, menjaga kesehatan, jangan merokok, minum minuman keras, narkoba, dan sering2 berolahraga. Percaya deh, gw ngga bohong.
Tapi sesungguhnya perempuan berdandan itu tidak salah, karena itu berkaitan dengan cantik nonfisik yang akan dibahas ini.
Cantik non fisik adalah kecantikan yang khas pada setiap perempuan, menyangkut hal-hal yang abstrak dan tidak dapat dilihat mata, tapi juga sulit untuk disembunyikan. Cantik non fisik dibagi menjadi dua, yaitu soul dan intelligentia. Persamaan dari keduanya yaitu perempuan mendapatkannya melalui proses yang panjang dalam hidupnya dan bukan merupakan bawaan lahir. Bisa dijadikan sebagai gambaran kehidupan perempuan itu.
Soul menyangkut sikap dan cara perempuan itu menanggapi sesuatu di sekitarnya di luar logika. Melalui soul para perempuan cenderung menanggapi sesuatu dengan cepat dan biasanya tidak sadar. Ada banyak contohnya, seperti cara bicara, sikap, etika, selera, dll. Selain itu, mimpi, keinginan, da hasrat terhadap sesuatu juga termasuk soul.
Intelligentia, sudah terlihat jelas artinya, yaitu pemahaman perempuan terhadap sesuatu secara logis. Pemikiran secara sadar. Intelligentia adalah kemampuan khas yang dimiliki spesies manusia. Gajah punya belalai, badak mempunyai cula, manusia mempunyai otak. Kecerdasan adalah faktor terbesar manusia yang menyebabkan manusia bertahan hidup hingga saat ini. Kemampuan itu masih dipakai hingga saat ini, bahkan tantangan hidup saat ini jauh lebih berat. Maka, perempuan dengan intelligentia tinggi lah yang akan menguasai dunia.
Ketika gw pertama kali melihat perempuan, yang gw lihat pertama kalinya adalah fisik, lalu sikap. Beberapa lama mengenalnya, gw jadi tahu yang lainnya. Meski gw menilai fisik pertama kalinya, secara keseluruhan gw menilai perempuan dengan prioritas: Intelligentia, Soul, fisik dalam, dan fisik luar. Yap, kecantikan wajah bukan yang utama buat gw. Dan perempuan cantik yang blo’on terlihat aneh di mata gw. Gw lebih memilih perempuan yang lolos Olimpiade Sains dari pada model majalah Hai. Jujur aja, kebanyakan model majalah Hai tidak terlalu cantik walau kebanyakan seusia atau lebih muda dari pada gw.
Menurut gw, yang paling sulit dideteksi adalah cantik fisik dalam. Memang benar. Tapi secara garis besar kita tahu kok. Dan sebenarnya, laki-laki secara ngga sadar tahu, karena sebenarnya kita adalah hewan. Bagaimana sih cara hewan mencari pasangan?
Mau tahu? Kontak gw aja.

Tidak ada komentar: