Minggu, 03 Agustus 2008

Adaptasi

Setiap manusia pasti pernah mengalaminya, masa-masa di mana sedang beradaptasi dengan suasana dan lingkungan yang baru yang akan dihadapi dalam waktu lama. Mungkin sama seperti binatang yang beradaptasi dengan habitat baru. Dan juga seperti binatang, tidak semua manusia bisa beradaptasi dengan suasana dan lingkungan yang baru. Beberapa butuh waktu lama untuk beradaptasi, tetapi ada juga yang cepat beradaptasi. Pasti menyenangkan jika terbiasa dengan semua lingkungan yang ada.
Kita sering melihat hal-hal seperti ini,dan mungkin juga pernah mengalaminya. Seperti contoh anak TK yang baru lulus dan siap belajar di Sekolah Dasar. Anak TK itu tentu saja akan berganti statusnya menjadi anak SD, dan ia juga harus beradaptasi untuk terbiasa dengan teman baru, ruang kelas baru, cara belajar yang baru, dan lain-lain. Adaptasi semakin cepat akan semakin baik karena untuk membuat prestasi di tempat baru haruslah merasa bahwa itu atmosfernya, lingkungan tempat di mana ia seharusnya berada.
Bagaimana jika tidak mampu beradaptasi? Bayangkan seekor binatang yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya, misalnya seekor burung elang gunung yang berasal dari daerah beriklim Mediterania dipindahkan ke pegunungan di Skandinavia yang beriklim dingin dan selalu bersalju. Maka burung elang itu harus mampu berburu binatang yang sering bersembunyi di bawah lapisan salju. Jika tidak bisa, elang itu akan mati. Itulah yang akan terjadi jika manusia saat ini tidak mampu beradaptasi. Bukan mati, hanya saja tidak bisa hidup selayaknya manusia yang mampu beradaptasi, meski masih ada kemungkinan mati.
Gw juga sedang mengalaminya. Sudah empat minggu di IPB, sudah cukup terbiasa meski amsih membutuhkan sedikit penyesuaian. Tapi gw menganggap gw cepat beradapatsi. Kenyataannya, gw sangat excited ketika menghadapi kelas kuliah pertama. Gw sangat ingin disibukkan oleh kegiatan kampus gw, gw siap menyelesaikan 200 SKS! Sepertinya yang terakhir tidak mungkin.
Gw ngga bisa memberikan tips mengenai beradaptasi dengan cepat, karena itu tergantung dari masing-masing individu. Tidak seperti binatang, setiap insan manusia berbeda-beda sifat dan perilakunya karena kita memiliki otak yang kompleks yang memuat berbagai tingkat emosi dan kecerdasan.
Intinya adalah, cepat-cepatlah beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Jadilah fleksibel di setiap suasana dan lingkungan yang ada agar mampu meraih pencapaian tinggi di setiap aspek kehidupan.

Tidak ada komentar: