Selasa, 27 Mei 2008

Menjadi Orang Lain

Pernah berpikir menjadi orang lain?
Bila iya, menyesallah, kecuali hal itu memotivasi untuk menjadi lebih baik. Karena selain hal itu (memotivasi diri) bisa berarti rasa iri dan sejenisnya yang hanya akan membawa kita menuju The Dark Side of the Force. Artinya kita tidak akan bisa menjadi Jedi.
Sepertinya cukup berguna juga menyaksikan star wars enam episode sekaligus. Tapi ini benar. Sedikit saja perasaan negatif akan mendorong kita untuk berbuat negatif. Rasa iri bisa berlanjut menjadi dengki, dan entah seperti apa ujungnya. Mungkin tak berujung.
Pernah kalian berkata “Wah, orang ini perfect banget. Seandainya gw adalah dia.” ? selain perasaan iri, juga timbul rasa putus asa seolah enggan melanjutkan hidup sebelum bisa memiliki atau melakukan apa yang orang itu bisa. Perkataan “If I were somebody” dan sejenisnya pasti pernah hadir di setiap hati manusia.
Gw punya cerita tentang dua siswa yang saling bersahabat. Siswa yang pertama adalah siswa yang sangat populer dan punya perempuan yang sangat lovable. Siswa kedua adalah siswa kutu buku yang sangat cerdas. Di awal tahun pelajaran, siswa kedua berkata pada siswa yang pertama “Seandainya gw adalah loe. Loe punya banyak temen, cewek yang astaga cantiknya, dan populer pula. Sedangkan gw, sudah tujuh belas tahun ngejomblo.” Tapi, menjelang akhir tahun pelajaran siswa pertama berkata pada siswa yang kedua “Seandainya gw adalah loe, maka gw ngga akan takut Ujian Nasional seperti sekarang ini.”
Apa kesimpulan cerita di atas? Setiap orang punya keistimewaan. Tidak ada yang memiliki semuanya, dan juga tidak ada yang tidak punya apapun. Ketahuilah, kita tercipta dengan sempurna dalam keadaan sebaik-baiknya sesuai dengan kehidupan dan takdir yang akan kita hadapi. Bila ingin mengubahnya, lakukanlah dengan cara yang benar. Hanya kita yang bisa menentukan takdir kita sendiri dan untuk tidak menyerah pada garis hidup yang seolah harus dilalui. Apapun bisa berubah.
Jika sekali lagi tergaun kata-kata “If I were somebody”, katakanlah “Thank God you made me like this.”

Tidak ada komentar: