Kamis, 21 Februari 2008

Mencontek

Siswa mana sih yang ngga pernah mencontek?
Meski gw mengatakan itu, sebenarnya gw kesel juga dengan para pencontek yang mewabah di sekolah gw. Dan yang paling membuat gw kesel adalah para pencontek yang tidak tahu diri. Padahal hasil contekan, tapi begitu mendapat nilai bagus, ia membanggakannya dan mengakui bahwa itu adalah hasil kerja sendiri.
Gw sudah berhadapan dengan banyak pencontek dari SD hingga sekarang. Dan tentu saja, mereka mencontek gw. Dan gw merasa gw adalah korban pencontekan terparah di dunia. padahal orang2 yang lebih cerdas dari gw tidak mengalami apa yang pernah gw alami.
Ada beberapa tipe pencontek menurut gw.
  • Pencontek berani mati. Tipe orang seperti ini ngga peduli dengan siapapun pengawasnya, entah itu provoost ABRI atau Satpol PP. Entah sang pengawas itu berada di depan matanya atau duduk di sampingnya. Meski tipe pencontek ini cukup licik menghindari akibat dari aktivitasnya, banyak juga loh yang dijaring.
  • Pencontek tak tahu diri. Sudah dijelaskan di atas.
  • Pencontek cerdas. Tipe ini sebenarnya tidak benar2 mencontek/menyalin sepeti kebiasaan pencontek lain. Dan biasa aktif pada ujian sains atau ujian berbentuk esay. Modusnya, tidak menanyakan jawabannya secara langsung. Untuk ujian sains, biasanya ia bertanya mengenai rumus atau teori yang berkaitan dengan soal. Untuk ujian esay selain sains, ia sedikit melirik barisan jawaban, lalu disalin di kertas jawabannya dengan pengembangannya sendiri berdasarkan pengetahuan yang ia ketahui sehingga jawabannya tidak sama persis dengan yang diconteknya. Orang2 tipe ini paling jarang diciduk.
  • Pencontek tahu malu. Ia mencontek dengan batasan2 sendiri yang tak akan dilanggarnya dengan pertaruhan harga diri. Secara teknis ia sama dengan pencontek cerdas, tapi berbeda karena pencontek ini beroperasi terbatas pada suatu hal yang mereka tetapkan sendiri misalkan hanya pada jenis ujian tertentu atau pada mata ujian tertentu. Mereka sadar, mencontek di setiap ujian adalah hal yang memalukan.
  • Pencontek in last minute. Pencontek ini hanya aktif di akhir acara. Biasanya lima menit hingga sepuluh menit sebelum selesai.
  • Pencontek takut mati. Umumnya terdapat pada pemula atau yang sudah menyesal akibat terjaring ber-kali2. Dan biasanya amat takut pada akibat yang akan ditimbulkan dari aktivitasnya itu.
Mau tahu tipe apa gw? Gw pencontek yang tahu malu, pencontek cerdas , sekaligus pencontek in last minute. Gw membuat batasan2 tertentu, yaitu jangan mencontek di ujian umum, semester/midsemester, jangan mencontek di ujian sains, dan tidak mencontek di TO, tes TOEFL, dan sejenisnya. Gw hanya mencontek di ujian selain sains dan hanya di ulangan harian.
Tipe pencontek yang manakah anda?

Tidak ada komentar: