Minggu, 24 Februari 2008

Kesehatan

Sesuatu yang sangat berharga, tapi sering kali lupa untuk disyukuri adalah kesehatan. Tidak heran, karena ketika kita sakit, kita amat merindukan rasanya sehat. Dan begitu kita sehat, kita seolah lupa bagaimana rasanya sakit. Padahal bila kita ingat kita akan mensyukuri dan akan mati2an menjaganya.
Sayangnya tidak semua orang tahu cara yang benar menjaga kesehatan karena berbagai alasan. Dan kenyataannya tida perlu mati2an untuk menjaga kesehatan yang terpenting adalah kesadaran dan selama orang itu masih bisa berjalan, makan, dan berpikir. Ya, cuma itu yang diperlukan untuk menjadi sehat.
Gw punya beberapa tips yang cukup simpel untuk menjaga kesehatan :
  • Jalan kaki minimal 30 menit sehari. Lupakan kendaraan pribadi. Berjalan menuju halte bus, menunggu, dan mengejar bus sudah cukup untuk menjaga kesehatan. Dengan hanya melakukan ini saja asalkan gaya hidup normal sudah menjauhkan kita dari berbagai penyakit.
  • Rasio perbandingan massa antara sayuran dan daging yang harus kita makan adalah 4 : 1. Perbanyak makan sayuran dari sekarang! Lagipula, daging jelas lebih mahal dari sayuran untuk massa yang sama.
  • Perbanyak minum air. Hal ini dapat memperlancar kerja ginjal sehingga organ ini tidak mudah sakit. Karena air seni biasanya keluar bersama dengan zat2 yang tidak berguna dalam tubuh, termasuk juga yang dihasilkan oleh bakteri patogen penyebab penyakit yang sudah terlanjur bersarang dalam tubuh kita.
  • Berusahalah untuk berpikir, mencari alternatif, lalu menentukan apa yang terbaik untuk tubuh. Misalnya, jangan merokok. Sudah diketahui oleh umum bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Contoh lain adalah berpikir bahwa masih ada cara lain untuk menuju ke sekolah/kampus/kantor selain menggunakan kendaraan pribadi. Contoh lainnya lagi adalah berpikir bagaimana caranya mendapatkan protein - yang biasa didapat dari daging - dari bahan dari sayuran. Bisa kita dapatkan dari kacang2an.
Sebenarnya ada banyak cara untuk menjadi sehat, tergantung individu masing2 dan cara berpikirny. Tapi cara di atas adalah yang paling dasar yang dapat dilakukan manusia.

Tidak ada komentar: